Minggu, 3 Juli 2022
PERTEMUAN PENGURUS REGULASI KEGIATAN PUBLIKASI ANGGOTA
e-BERKAS KAS PROFIL FORUM TOKO KONTAK

http://situs.opi.lipi.go.id/manassa/

   
Kegiatan :
» daftar data

Hajatan dua tahunan Manassa: Simposium Internasional Pernaskahan Nusantara dan Musyawarah Nasional

Hajatan dua tahunan Manassa: Simposium Internasional Pernaskahan Nusantara dan Musyawarah Nasional sudah selesai digelar. Tahun ini, hajatan dua tahunan ini diselenggarakan di gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada 11--13 September 2012 dengan mengangkat tema "Peran Istana dalam Tradisi Pernaskahan Nusantara".

Berkat limpahan rahmat-Nya, penyelenggaraan hajatan Manassa kali ini dapat diselenggarakan dengan baik nyaris tanpa hambatan yang berarti. Para pembicara dan undangan hampir semuanya berkesempatan hadir dalam acara ini. Para peserta yang hadir pun tampak semangat dalam mengikuti rangkaian acara demi acara yang disuguhkan oleh panitia pelaksana.

Adapun pembicara dalam Simposium Internasional Pernaskahan Nusantara ini terdiri atas para pakar, peneliti, dan pengkaji naskah, baik dari dalam maupun luar negeri. Beberapa di antaranya adalah Prof. Dr. Nancy K. Florida (University of Michigan, Amerika Serikat), Prof. Dr. Jan van der Putten (National University of Singapore), Nik Abdul Rakib bin Nik Hassan (Prince of Songkla University, Thailand), Dr. Manfred Anders (Universitat Leipzig, Jerman), Sanib bin Said (University Malaysia Serawak), Annabel Teh Gallop (British Library), Dr. Ronit Ricci (The Australian National University, Canberra), Dr. Awang Azman Awang Pawi, Prof. Dr. Edwin Wieringa (Universitat Koln), Prof. Dr. Willem van der Molen, dan Prof.Dr. Henri Chambert-Loir (EFEO).

Malamnya, para pembicara dan peserta simposium diundang makan malam di Bangsal Sewatama Pura Pakualaman. Selain itu, para pembicara dan peserta simposium pun disuguhi pergelaran Srimpi Nadheg Putri dan Beksan Inum. Tarian Srimpi Nadheg Putri ini merupakan hasil rekonstruksi dan transformasi Prof. Dr. Hermin Kusmayati (Rektor ISI Yogyakarta) berdasarkan naskah Serat Langen Wibawa koleksi Perpustakaan Kadipaten Pakualaman.

Pada malam kedua, acara pun diisi dengan mengenang Prof. Dr. Teeuw dan Musyawarah Nasional Manassa. Setelah acara mengenang Prof. Dr. Teeuw yang diisi oleh berbagai persembahan dari beberapa orang teman dan murid beliau, acara Simposium dilanjutkan dengan sebuah acara yang selalu dinanti-nantikan oleh seluruh anggota Manassa, yaitu Musyawarah Manassa. Dalam Musyawarah Nasional Manassa kali ini dibahas beberapa perubahan dalam ADART Manassa, yaitu:
1. Periode kepengurusan Manassa Pusat diubah menjadi 4 (empat) tahun dengan mempertimbangkan Simposium dan Munas yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali.
2. Penetapan iuran keanggotaan Manassa sebesar Rp100.000/2 tahun sesuai dengan forum konsolidasi di Solo pada tahun 2010.
3. Ketua umum Manassa dapat menjabat selama dua periode berturut-turut.

Kemudian, Dr. Oman Fathurahman dipilih kembali nyaris oleh semua anggota Manassa yang hadir untuk kembali menjabat sebagai ketua umum periode 2012--2016. Selamat untuk Pak Oman.. :)

Ya, Alhamdulillah hajat Manassa tahun ini sudah selesai dengan sukses dan lancar. Mudah-mudahan bisa bertemu kembali pada hajat Manassa selanjutnya yang akan diselenggarakan pada tahun 2014 di Padang.

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 2 Oktober 2012

 
halaman depan »

BERITAHU TEMAN




AKSES ANGGOTA
username :

password :

 
PENGURUS REGULASI KEGIATAN PUBLIKASI ANGGOTA
e-BERKAS KAS PROFIL FORUM TOKO KONTAK
 
LIPI     O   P  I   -   Organisasi   Profesi   Ilmiah   Indonesia »»»»»»»»»»