Minggu, 3 Juli 2022
PERTEMUAN PENGURUS REGULASI KEGIATAN PUBLIKASI ANGGOTA
e-BERKAS KAS PROFIL FORUM TOKO KONTAK

http://situs.opi.lipi.go.id/manassa/

   
Kegiatan :
» daftar data

Workshop Restorasi Naskah Kuno di Kraton Kacirebonan: Manassa-ISIF-Leipzig

Pada tanggal 3-4 Mei 2012, Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa) bekerja sama dengan Universitas Leipzig Jerman dan Pusat Studi Budaya dan Manuskrip (PSBM) Cirebon mengadakan aksi nyata pelestarian naskah kuno melalui "Workshop Restorasi Naskah Kuna di Cirebon", di Pendopo Kraton Kacirebonan Jl. Pulasaren kota Cirebon. PSBM merupakan salah satu pusat studi di bawah lembaga perguruan tinggi Islam, ISIF (Institut Studi Islam Fahmina) Cirebon.

Sepanjang program preservasi naskah kuna di Cirebon, kegiatan workshop restorasi naskah kuna tersebut merupakan kali pertama dilaksanakan. Selama ini, restorasi sebetulnya telah dilakukan beberapa kali di Cirebon, langsung oleh lembaga-lembaga semisal Perpustakaan Nasional ataupun Arsip Nasional, hanya saja biasanya tanpa disertai pelatihan atau workshop praktis bagi pemilik naskahnya. Bagaimana pun, hasil restorasi oleh lembaga-lembaga tersebut harus diakui telah turut ‘memperpanjang' usia naskah kuno di beberapa koleksi naskah lingkungan kraton Cirebon, meskipun beberapa metode restorasi yang diterapkan tampaknya masih perlu didiskusikan antarahli restorasi, supaya lebih sinergis dan tidak memberi dampak buruk pada 'sang' naskah dalam jangka panjang.

Selama workshop, gairah para pemilik naskah terpancar dalam setiap sesi yang dilaluinya, terutama pada saat melakukan praktek selama 2 (dua) hari, mulai dari membersihkan setiap lembar kertas naskah kuno, menempel kertas berlubang di tengah naskah, sampai dengan penjilidannya (binding). Semua praktik tersebut memanfaatkan bahan-bahan restorasi yang langsung dibawa dari Leipzig, Jerman. Teori restorasi secara singkat disampaikan hanya setengah hari pada tanggal 3 Mei. Dan pada akhir workshop, terdapat kesepakatan para peserta untuk menerapkan ‘keterampilan' restorasi tersebut, dengan menentukan prioritas program restorasi di Kraton Kacirebonan, oleh para ‘alumni' workshop sendiri.

Peserta Workshop terdiri dari para pemilik naskah, antara lain dari lingkungan 4 (empat) Kraton di Cirebon; Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan, dan Keprabonan, baik yang tinggal di Kraton maupun di sekitar Kraton. Selain itu, peserta juga berasal dari para akademisi dari PSBM ISIF, dan praktisi dari arsip daerah kabupaten Cirebon. Jumlah keseluruhan peserta workshop selama dua hari berjumlah 25 orang.

Dalam pembukaan Workshop, Rektor ISIF, Prof. Dr. KH. Chozin Nasucha berharap agar kegiatan semacam ini, selain untuk menjaga kelestarian naskah kuno, juga dapat menjadi perekat para akademisi, terutama dari ISIF dengan pemilik naskah sebagai salah satu pemegang khazanah peradaban Islam Cirebon masa lalu. Narasumber workshop yang berasal dari Universitas Leipzig, Jana Wichmann, M.A., juga berharap supaya pada masa berikutnya, di Cirebon terdapat orang yang ahli dalam restorasi naskah kuna sebagaimana halnya di Kraton Jogjakarta, dan Museum Sonobudoyo.

Harap maklum bahwa Program Restorasi di lingkungan Kraton Cirebon ini sesungguhnya merupakan rangkaian Proyek Pelestarian Manuskrip Nusantara, kerja sama Leipzig University dengan Manassa sejak 2007-2009 di Aceh, serta 2010-2011 di Yogyakarta dan Surakarta. Di Aceh, Proyek ini melibatkan Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat (PKPM) sebagai institusi lokal yang menjadi ujung tombak, sementara di Yogyakarta melibatkan tim dari UIN Sunan Kalijaga, dan di Cirebon sendiri bekerja sama dengan Pusat Studi Budaya dan Manuskrip (PSBM) Institut Studi Islam Fahmina.

Seperti dituturkan Mahrus eL-Mawa sebagai mediator Manassa dengan PSBM ISIF, kegiatan tersebut dapat berjalan sukses berkat kerja sama direktur PSBM, Opan Sapari, M.Hum dengan Elang Hilman yang menjadi bagian penting dari keluarga Kacirebonan dan pegawai arsip daerah kabupaten Cirebon.

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 8 Mei 2012

 
halaman depan »

BERITAHU TEMAN




AKSES ANGGOTA
username :

password :

 
PENGURUS REGULASI KEGIATAN PUBLIKASI ANGGOTA
e-BERKAS KAS PROFIL FORUM TOKO KONTAK
 
LIPI     O   P  I   -   Organisasi   Profesi   Ilmiah   Indonesia »»»»»»»»»»