Selasa, 5 Juli 2022

» Pertemuan lalu
» Tanggal penting
» Lokasi
» Akomodasi
» Program
» Registrasi
» Peserta
» Panitia
» Kontak
» Forum online
   

- Pertemuan Nasional Sains Komputasi 2019 -
http://situs.opi.lipi.go.id/komputasi2019/

Sains komputasi merupakan cabang ilmu interdisipliner yang meliputi ilmu komputer, matematika terapan, dan sains. Pada perkembangannya, kemampuan melakukan pemodelan dan simulasi permasalahan sains semakin memiliki tingkat presisi yang tinggi sehingga bermanfaat untuk berbagai keperluan, dari skala personal, laboratorium, industri, bahkan kebijakan publik.

Penelitian dan pendidikan tinggi dalam bidang sains komputasi di Indonesia masih perlu dikuatkan agar memiliki kontribusi yang riil pada dunia ilmu pengetahuan. Pengembangan kapasitas sumber daya manusia pada bidang sains komputasi menjadi sangat krusial. Salah satu sarananya adalah dengan meningkatkan sinergi antar "pusat-pusat" sains komputasi di Indonesia yang masih sporadis.

Beberapa waktu lalu, peneliti/akademisi/praktisi yang bergerak pada bidang sains komputasi pernah diusulkan terhimpun pada organisasi yang diberi nama Masyarakat Komputasi Indonesia (MKI). Namun, sampai saat ini MKI masih bersifat organisasi maya/paguyuban tanpa pengurus.

Dalam rangka memperkuat jaringan dan kapasitas antarpegiat sains komputasi, MKI dengan dukungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berinisiatif menyelenggarakan Pertemuan Nasional Sains Komputasi Indonesia pada 1-2 November 2019. Pertemuan ini direncanakan terdiri dari:

  1. Dua lokakarya paralel dengan topik komputasi material dan komputasi berkinerja tinggi
  2. Simposium mini dengan topik perkembangan dan penguatan sains komputasi di Indonesia

Setelah simposium mini, akan dibahas pula pembentukan himpunan keilmuan dan badan hukum Masyarakat Komputasi Indonesia (Indonesian Computational Society). Oleh karena itu, MKI mengundang seluruh pegiat sains komputasi di Indonesia untuk terlibat di dalam acara ini.


LIPI     O   P  I   -   Organisasi   Profesi   Ilmiah   Indonesia »»»»»»»»»»