Minggu, 3 Juli 2022

» Pertemuan lalu
» Lokasi
» Akomodasi
» Program
» Registrasi
» Peserta
» Forum online
   

- -
http://situs.opi.lipi.go.id/nanodoc_amrg/


» Kenangan dalam gambar

Latar Belakang

Tahun 2008 ini genap seratus tahun Indonesia mengalami Kebangkitan Nasional. Seratus tahun yang lalu rakyat Indonesia menyadari pentingnya kesatuan dan persatuan sebagai suatu bangsa. Kesadaran bahwa rakyat yang terdiri dari berbagai latar belakang, ras, agama, dan pulau ini dapat dijadikan modal dalam membangun rasa kebangsaan sebagaimana tertuang dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Satu abad kemudian, dan 63 tahun sejak kemerdekaan Indonesia, serta hampir 80 tahun Sumpah Pemuda diikrarkan, Indonesia mengalami berbagai perjuangan – perjuangan melawan penjajah dan juga perjuangan untuk menjaga keutuhan bangsa. Indonesia telah mengalami berbagai ujian seperti kemelut politik, krisis multidimensi, dan pertikaian antar suku. Setelah berbagai macam ujian yang membawa Indonesia pada keterpurukan, arah masa depan bangsa dan negara Indonesia tentunya berada di tangan rakyat Indonesia sendiri. Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan tulang punggung pembangunan ekonomi. Dengan berpegang pada keyakinan itu, sejumlah negara industri baru, yaitu Korea Selatan, Taiwan, China, Thailand, Singapura, dan Malaysia, secara konsisten mengalokasikan sejumlah besar dana untuk memajukan iptek di negaranya. Hasilnya, mereka berhasil menciptakan invensi dan inovasi secara signifikan, kemudian diterapkan di industri. Nanoteknologi diyakini oleh dunia Internasional dapat memberikan solusi tepat terhadap permasalahan global yang dihadapi umat manusia seperti masalah Pangan (Food), Energi (Energy), Air (Water), dan Lingkungan (Enviroment). Nanoteknologi diyakini dapat menjadi jembatan mencapai target-target yang tercantum dalam Millenium Development Goals (MDGs) yang harus menampakkan hasil pada tahun 2015. Untuk menggapai harapan-harapan tersebut di atas, negara-negara di dunia telah meluncurkan program nasionalnya dalam rangka memfokuskan sumber daya mereka untuk pengembangan dan pemaanfaatan nanosains dan nanoteknologi dengan suatu harapan peningkatan kesejahteraan dan daya saing negara mereka.

Nanoteknologi yang telah menjadi pusat perhatian dunia ini diyakini oleh Masyarakat Nanoteknologi Indonesia akan menjadi jembatan menuju kemandirian, kesejahteraan dan kejayaan bangsa. Nanoteknologi juga telah memberikan sentuhan yang sangat berarti dalam berbagai industri sehingga dapat memberikan nilai tambah (added value) yang tinggi. Karenanya, dalam rangka memperingati 100 tahun Kebangkitan Nasional yang mengenang peran serta para pemuda dalam pembangunan bangsa dan 10 tahun Hari Kebangkitan Teknologi Indonesia yang jatuh pada 10 Agustus 2008, maka dengan bangga Masyarakat Nanoteknologi Indonesia sebuah organisasi profesi para pakar nanoteknologi muda menggagas sebuah acara 100 Nanotechnology Doctor Conference Towards national awakening with science and technology development” &International Seminar of Advanced Material Processing and Integrity : Aplication of Nanomaterial on our life.

Melalui acara ini diharapkan dapat menjadi bagian dari proses Building Awareness, yang akan bergulir menjadi Building Acceptence yang berakhir pada proses Building Ownership masyarakat Iptek dan industri di Indonesia secara khusus atau masyarakat kebanyakan pada umumnya akan penting dan krusialnya akselerasi penguasaan teknologi nano bagi bangsa ini, khususnya pada industri otomotif, menuju kebangkitan industri Indonesia.

Tujuan

  • Meningkatkan kesadaran (awareness) pentingnya Nanoteknologi untuk pembangunan Indonesia, guna meningkatkan kesejahteraan, kemandirian dan kejayaan bangsa.
  • Menyajikan hasil-hasil penelitian dan pengembangan maupun pemikiran para peneliti/praktisi di bidang Nanoteknologi.
  • Mempertemukan peneliti, pengguna, industriawan, pengambil keputusan, di bidang Nanoteknologi untuk tukar-menukar informasi yang diyakini bermanfaat, sehingga terwujud kerja sama untuk mencapai kepentingan bersama secara sinergi dan saling menguntungkan.
  • Memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan dan pemanfaatan nanoteknologi di Indonesia.
  • Mewujudkan konstribusi nyata Masyarakat Nanoteknologi Indonesia untuk pembangunan bangsa khususnya di bidang nanoteknologi.

Nama Kegiatan & Tema

  1. 100 Nanotechnology Doctor Conference Towards national awakening with science and technology development
  2. International Seminar of Advanced Material Processing and Integrity:" Application of Nanomaterial on our life"

LIPI     O   P  I   -   Organisasi   Profesi   Ilmiah   Indonesia »»»»»»»»»»